ANALISIS DISTRIBUSI HUJAN JAM-JAMAN DI SUB DAS SUNGAI MESS

Penulis

  • Chitra Hermawan Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UNIKS
  • Iwayan Dermana Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UNIKS
  • Harmiyati Harmiyati Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UIR

Kata Kunci:

Pola Agihan Hujan, Validitas Data Hujan, Karakteristik Hujan

Abstrak

Sub DAS Sungai Mess merupakan salah satu sub DAS yang bermuara di Singingi. Perubahan iklim secara global berpengaruh terhadap perubahan pola hujan, dalam skala ruang, waktu, dan besaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas data hujan,  mengetahui karakteristik hujan, dan mengetahui pola distribusi hujan jam-jaman di Sub DAS Sungai Mess. Validitas data hujan dilakukan dengan metode RAPS (Rescaled Adjusted Partial Sums). Karakteristik hujan ditentukan dengan pengelompokkan data berdasarkan durasi dan kejadian hujan. Analisis pola agihan jam-jaman dilakukan berdasarkan observed data dan dicari kemiripannya dengan metode Modified Mononobe, Alternating Block Method (ABM), dan Triangular Hyetograph Method (THM). Hasil analisis menunjukkan bahwa dari sembilan stasiun hujan yang ada delapan di antaranya panggah. Hujan yang terjadi di Sub DAS Kuantan didominasi oleh kejadian hujan dua jam. Pola agihan hujan jam-jaman menunjukkan bahwa agihan hujan 2, 3, 5, 7, dan 8 jam mengikuti bentuk Modified Mononobe, sedangkan agihan hujan 4 dan 6 jam mengikuti  bentuk Triangular Hyetograph Method (THM).

Referensi

Aldrian, E., & Susanto, R.D. (2003). Identification of three dominant rainfall regions within Indonesia and their relationship to sea surface temperature. International Journal of Climatology, 23(12), 1435-1452.

Beven, K.J. (2001). Rainfall-Runoff Modelling: The Primer. Wiley-Blackwell.

Chow, V.T., Maidment, D.R., & Mays, L.W. (1988). Applied Hydrology. McGraw-Hill.

Gleick, P.H. (1993). Water in Crisis: A Guide to the World's Fresh Water Resources. Oxford University Press.

Helsel, D.R, & Hirsch, R.M. (2002). Statistical Methods in Water Resources Chapter A3 Reston. U.S. Geological Survey.

Hyams, D.G. (2010). Curve Expert Professional 2.0 User Manual. Curve Expert Software.

IPCC. (2007). Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Contribution of Working Group I to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change. Cambridge University Press.

Mays, L. W. (2005). Water Resources Engineering. John Wiley & Sons.

Novita, E. (2019). Pemanfaatan Alat Analisis Data untuk Manajemen Sumber Daya Air yang Berkelanjutan. Jurnal Teknik Lingkungan, 20(3), 234-245.

Resianti, R. (2018). Penggunaan Havara untuk Analisis Frekuensi Data Hujan di DAS Citarum. Jurnal Sumber Daya Air Indonesia, 14(1), 45-55.

Walkenbach, J. (2010). Excel 2010 Bible. Wiley.

Wirjodihardjo, S. (2002). Climate Variability and Floods in Indonesia. LAP Lambert Academic Publishing.

File Tambahan

Diterbitkan

30-06-2024

Terbitan

Bagian

Articles